Rumus dan Penerapan Gramatika Dasar Bahasa Jepang

Gramatika atau tata bahasa dalam bahasa Jepang cukup sederhana, berbeda dengan bahasa Inggris yang gramatikanya rumit dan sedikit membingungkan. Dalam tata bahasa dasar pada penggunaan bahasa Jepang, terdapat beberapa aturan dasar, yakni “ Predikat selalu diletakkan di akhir kalimat”, “kata kerja tidak berubah tergantung pada orangnya, jenis kelamin atau nomor”, “kata benda tidak memiliki bentuk jamak atau perbedaan jenis kelamin”, dan “hubungan antara kata-kata dalam sebuah kalimat dinyatakan melalui partikel yang mengikuti kata-kata tersebut”.

Hal yang pertama adalah tentang “Kata ganti orang”. Dalam atur gramatika ini dibahas beberapa kata ganti pribadi dalam bentuk jamak dan tunggal, diantaranya :

Kata Ganti
Tunggal
Jamak
Romaji/Hiragana
Arti
Romaji/Hiragana
Arti
Orang pertama
Watashi
Aku
watashitachi
Kita
Orang ke-2
anata
Kamu
anatatachi
Kalian
Orang ke-3
kare
Kanojo
彼女
Dia
karetachi
kanojotachi
Mereka

Bentuk yang paling sopan dari “aku” dalam bahasa Jepang adalah “watakushi”. Sedangkan para pria biasanya mengucapkan kata “Boku”. Mengucapkan “kamu atau Anda” pada seorang lakilaki dapat menggunakan kata “kimi” secara tidak formal. Sedangkan untuk kata “Mereka” masing-masing dibedakan menjadi “kanojotachi” untuk obyek yang feminine dan “karetachi” untuk yang bersifat maskulin untuk segi formal. Bentuk ini bisa diganti enjadi “kanojora” dan “Karera” untuk bahasa non formal. Hal Selanjutnya yang perlu dipelajari pada tingkatan dasar adalah tentang Partikel. Partikel dalam bahasa Jepang berupa akhiran yang berada di belakang kata yang bersangkutan. Partikel membentuk posisi dan fungsi kata dalam suatu kalimat. Beberapa partikel yang umum digunakan dalam bahasa Jepang antara lain,

Partikel
Fungsi
Contoh Kalimat
Arti
Wa
Menentukan subjek dalam kalimat.
Watashiwa Nihonjin desu.
日本人 .
Saya adalah orang jepang
O / Wo
 
Menentukan Objek dalam kalimat
Watashiwa kohio nomimasu.
.
Saya minum kopi
Ni
 
Menentukan objek tidak langsung (penanda waktu)
Okimasu 7 jini. 
7 .
Bangun pada jam 7.
E
Penanda arah
Ikimasu Daigakue. 
.
(Saya) akan pergi ke universitas.
No
 
Menunjukkan kepemilikan
Korewa anatano hon desu. 
.
Buku ini adalah milikmu.
Mo
 
Inklusi, penanda tambahan
Karemo Gakusei desu. 
.
Dia juga adalah seorang mahasiswa.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *